Sukses Siaran Radio Setiap Pagi

19 Jul 2016

Sukses melakukan pengaturan pada Mobile Radio Mini Rig QYT KT8900 (baca di SINI), pemilik callsign JZ09LKP langsung menyiapkan perangkat antena luar ruangan. Mulai dari kabel Ericsson sepanjang 20 meter beserta konektornya dan antena Hygain V2R buatan lokal. 

Secara pribadi yang belum pengalaman dalam hal pemasangan dan pengaturan antena ‘atas’, langsung menggali informasi sebanyak mungkin di internet. Banyak info yang mengatakan, selain faktor ketinggian antena juga harus matching (cocok) pada frekuensi yang akan digunakan. 

Jika antena tidak matching, gelombang yang dipancarkan melalui antena tersebut akan mengganggu frekuensi yang ada di sekitar. Contohnya, antena televisi tetangga akan terganggu saat radio sedang memancar.

Saya memutuskan untuk meminta bantuan teman RAPI untuk memasang dan mengatur antena ‘atas’. Alhamdulillah, Pak Amir dari RAPI Lokal 5 Kramat Jati bersedia membantu pada hari Minggu (17/7/2016).

Pada hari yang sudah disepakati, kami kerjasama untuk memasang dan mengatur antena. Walau lebih pasif dibandingkan pak Amir yang sudah berpengalaman, saya banyak menyerap ilmu yang bermanfaat darinya. Mulai dari penyoderan kabel terhadap konektor, jenis kabelnya dan hingga penerapan 1:1 saat matching menggunakan alat ukur SWR. 

Hampir 3 jam kami melakukan aktivitas tersebut. Namun hasilnya sangat memuaskan karena hampir di seluruh frekuensi yang diizinkan pemerintah, hasilnya selalu dibawah 1:1 alias ‘nyender’. Alhamdulillah…!

Saat mencoba pancaran radio pada kekuatan 20 watt (HIGH), ternyata bisa diterima dengan baik oleh stasiun radio dari Lampung (direct). Sedangkan untuk penggunaan 5 watt (LOW), hasilnya sangat jernih tanpa berisik pada stasiun repeater yang ada di Gunung Salak (JABAR) dan Setu Babakan (BANTEN).

Saya sangat senang dengan kinerja pak Amir, karena hasilnya memuaskan! Alhamdulillah, sejak itu saya jadi sering bangun pagi hanya untuk siaran bersama teman RAPI yang lain di ‘udara’. 

Break.. Contact.. Disini Juliet Zulu Zero Nine Lima Kilo Papa Roger..!


TAGS Teknologi


Comment
-

Follow my twitter @JZ09LKP_